Inspirasi

Tips Bikin RPP: Cara Membuat Pertanyaan Esensial

Saat memulai kelas, guru diharapkan mampu mendesain pertanyaan esensial.

Pertanyaan esensial ini dibuat dengan tujuan untuk mendorong murid berpikir kritis dan aktif dalam pembelajaran.

Melalui pertanyaan esensial yang diajukan, diharapkan murid dapat memahami materi secara lebih mendalam, serta paham bagaimana mengaplikasikan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu apa itu pertanyaan esensial?

Secara sederhana, pertanyaan esensial adalah pertanyaan yang diajukan oleh guru untuk mendorong siswa berpikir secara mendalam yang mendorong murid untuk bereksplorasi dalam menemukan jawaban yang tepat.

Umumnya, pertanyaan esensial dapat melahirkan pertanyaan-pertanyaan baru dari murid.

Lalu bagaimana caranya membuat pertanyaan esensial di kelas?

Simak beberapa hal di bawah ini, ya!

  1. Siapkan tujuan pembelajaran
  2. Buatlah 5 pertanyaan dari tujuan pembelajaran tersebut.
  3. Pilih 2 pertanyaan dari 5 pertanyaan dengan kriteria sebagai berikut:
    • Pertanyaannya tidak boleh bisa langsung dijawab.
    • Pertanyaan harus digunakan untuk eksplorasi lebih lanjut.
    • Merupakan pertanyaan penting di disiplin ilmu tersebut.
    • Pertanyaan yang diajukan berpotensi untuk memberikan respons yang beragam dari siswa.
    • Berpotensi untuk menggali rasa ingin tahu siswa.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam menyusun pertanyaan esensial.

Perlu diingat bahwa pertanyaan esensial bukanlah sekadar pertanyaan pembuka kelas.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana cara membuat pertanyaan esensial, Kawan Kreator dapat mempelajarinya lebih lanjut di video ini.

“Menanya merupakan kegiatan yang penting bagi peserta didik untuk mengeksplorasi dunia tempat mereka tinggal, mencari alternatif penyelesaian dari masalah yang ada, melihat hubungan sebab akibat dan keterkaitan antara hal-hal yang ada di sekitar mereka, dan menyusun pertanyaan hipotetik (jika/maka).” —Boyes dan Watts


Referensi:
Kurniastuti, I., Setyawan, T. Y., & Sonialopita, S. (2018). Designing Essential Questions in the Process of Teaching and Learning to Deepen Understanding and Develop Students’ Awareness toward Environment. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(1).

Penulis: Angelina Aprilia

Recent Posts