Sebagai seorang guru, Anda mungkin pernah bertemu dengan seorang murid yang tidak termotivasi untuk mengikuti ujian dengan soal-soal pilihan ganda, tapi sebenarnya mereka unggul dalam diskusi kelas atau proyek kolaboratif.
Atau mungkin Anda juga memiliki murid yang unggul dalam tes pilihan ganda, tetapi sangat kesulitan untuk menuangkan pemikiran mereka ke dalam tulisan.
Dua skenario ini sangat familiar bagi kita para pendidik. Ini kembali mengingatkan bahwa kita perlu memberikan variasi dalam asesmen kepada para murid.
Perbedaan Tes dan Asesmen
Sebelum lebih lanjut, perlu bagi kita untuk mengetahui perbedaan tes dan asesmen.
Popham (2017) menyatakan bahwa tes adalah jenis penilaian dimana murid memecahkan masalah hanya dengan menggunakan kertas dan pensil. Sebaliknya, penilaian adalah penilaian yang tidak dapat dilakukan hanya dengan kertas dan pensil.
Beragam Jenis Tes dan Asesmen
Ada berapa jenis tes dan asesmen? Popham memberikan 2 jenis tes dan 2 jenis asesmen yang dapat diberikan pada peserta didik untuk menilai pengetahuan dan keterampilan mereka.
Terkait dengan tes, ada: (1) tes dengan respon dipilih, dan (2) tes dengan respon dibentuk.
Contoh dari tes dengan respon dipilih seperti tes pilihan ganda, benar atau salah, atau mencocokkan. Contoh dari tes dengan respon dibentuk seperti tes esai, isian, atau pemecahan masalah.
Selanjutnya, terkait dengan asesmen, yaitu: (1) asesmen kinerja, dan (2) asesmen portofolio.
Asesmen kinerja yang umum digunakan seperti pada pembelajaran berbasis proyek. Di sisi lain, asesmen portfolio biasanya mengharuskan murid untuk membuat portofolio berupa produk sebagai hasil pembelajarannya.
Penutup
Tahukah Anda bahwa semua jenis tes dan asesmen ini dapat diakomodir hanya dalam 1 platform?
Guru Kreator Enterprise menyediakan solusi bagi guru untuk merancang asesmen dengan kreatif dan variatif. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat dilakukan baik secara daring maupun luring, lho.
Sejauh ini 11.000+ pengguna di seluruh Indonesia sudah menggunakan Guru Kreator. Tertarik untuk mencoba? Hubungi kami dan tim siap berdiskusi dan menemukan solusi unik untuk kebutuhan Anda. Klik untuk menjadwalkan demo LMS.
Referensi
Popham, W.J. (2017). Classroom assessment: What teachers need to know (8th ed.). Essex: Pearson Education, Inc.