4 Alasan Penting Mengapa Guru Harus Menerapkan Project-Based Learning

Kawan Kreator pasti sudah tidak asing dengan model pembelajaran project-based learning, bukan? Atau mungkin Kawan Kreator sudah mulai mengaplikasikan model tersebut dalam kegiatan pembelajaran?

Project-Based Learning (PBL) merupakan model pengajaran yang disusun dengan tujuan memberikan pengalaman belajar secara langsung kepada murid melalui aktivitas pembelajaran dan pemecahan masalah yang dekat dengan kehidupan nyata. Dari aktivitas tersebut murid diberikan tantangan atau permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan solusinya secara berkelompok (Goodman dan Stivers, 2010).

Model pembelajaran PBL merupakan implementasi dari Surat Edaran Mendikbud No.4 tahun 2020. Dengan menerapkan PBL, guru diharapkan dapat memberikan pelatihan kepada murid untuk lebih bisa berkolaborasi, gotong royong, dan empati dengan sesama.

Nah, tahukah Kawan Kreator alasan mengapa guru harus menerapkan PBL dalam proses pembelajaran? 

Yuk, simak ulasannya!

  1. Peserta Didik Lebih Berpartisipasi Aktif dalam Aktivitas Pembelajaran.
    Selama menerapkan model PBL ini, proses pembelajaran yang dilakukan akan menempatkan/memposisikan  peserta didik menjadi decision maker, observer, mampu mempresentasikan hasil kerjanya, sehingga guru membiasakan peserta didik untuk lebih berperan dalam proses pembelajaran.
  2. Membantu Guru Mengasah Pola Pikir Kritis Peserta Didik
    Menerapkan PBL membiasakan peserta didik untuk memiliki pemikiran yang kritis, menyampaikan argumen, melakukan analisis, mengembangkan kemampuan problem solving. Penerapan PBL membantu guru untuk memberikan konsep berpikir kepada peserta didik terkait materi pembelajaran.
  3. Membantu Membiasakan Berkolaborasi dan Bekerja Sama antar Peserta Didik
    Peserta didik mulai menyadari nilai dan pentingnya kerja sama dan kolaborasi karena setiap orang memiliki perspektif yang berbeda dan perbedaan itu berharga dalam pertumbuhan mereka. Dengan adanya PBL, guru mampu membantu peserta didik untuk terbiasa menghidupi Profil Pelajar Pancasila dengan menerapkan nilai kerja sama dan kolaborasi dalam aktivitas pembelajaran.
  4. Guru Dapat Meningkatkan Motivasi dan Kepercayaan Diri Peserta Didik
    Ketika menerapkan PBL guru akan melakukan evaluasi bertahap terkait proyek yang dikerjakan oleh peserta didik. Evaluasi serta umpan balik bertahap ini memotivasi peserta didik agar mengenal kekuatan dan ruang pertumbuhan mereka kedepannya. Dengan menerapkan PBL, peserta didik akan memupuk kepercayaan diri karena mereka dilatih untuk bersosialisasi serta mengenal diri mereka lebih dalam.

Nah, sekarang Kawan Kreator sudah mengetahui alasan mengapa project-based learning harus diterapkan. Kawan Kreator boleh mencoba cara ini untuk diterapkan ke dalam proses pembelajaran Kawan Kreator.

Selain itu, Guru Kreator juga memiliki sebuah support system yang dapat membantu Kawan Kreator untuk mensukseskan project-based learning, yaitu: Guru Kreator Enterprise

Guru Kreator Enterprise hadir sebagai platform yang dapat membantu guru untuk menyusun project-based learning dan juga memberikan asesmen autentik dalam satu sistem yang jauh lebih efisien dan efektif. Coba GURU KREATOR ENTERPRISE sekarang, dan tim kami akan mencarikan solusi unik bagi kebutuhan sekolah kamu!


Sumber tulisan:
https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/project-based-learning/#:~:text=Metode%20project%20based%20learning%20ini,royong%2C%20dan%20empati%
20dengan%20sesama

Goodman, B., & Stivers, J. (2010). Project-based learning. Educational psychology, 2010, 1-8.

Iis Solekhah, S., Elvira Hoesein Radia. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk
                 Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Ii Sd. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(2), 1–7.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar,
                 kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran
                 biologi. Jurnal pendidikan biologi, 7(1), 9-21.

Kodriyah, L. (2017). Project-based learning in the classroom for EFL learners; why and how. In National
                 Seminar Proceeding
(pp. 336-342).

Sumber ilustrasi gambar:
https://www.freepik.com/premium-photo/three-teenagers-school-uniforms-study-together-chat-using-laptop-book-while-sitting-o_15892960.htm#page=8&query=three%20asian%20teenager&position=0&from_view=keyword 

(Author: https://www.freepik.com/author/odua)


Penulis: Fauziyah Ilmi Maulida
Editor: Eunice Salim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

Wujud Nyatakan Potensi Sekolah Dengan Transformasi Teknologi

Tim kami siap berdiskusi dan mencarikan solusi unik bagi kebutuhan Anda.

Dengan menekan tombol submit, saya setuju pada ketentuan halaman Privacy Policy.

Terima kasih dan salam hangat dari Guru Kreator!

Tim kami akan menghubungi Anda melalui surel (email) dalam waktu dekat.