Kawan Kreator pasti sudah tidak asing dengan model pembelajaran project-based learning, bukan? Atau mungkin Kawan Kreator sudah mulai mengaplikasikan model tersebut dalam kegiatan pembelajaran?
Project-Based Learning (PBL) merupakan model pengajaran yang disusun dengan tujuan memberikan pengalaman belajar secara langsung kepada murid melalui aktivitas pembelajaran dan pemecahan masalah yang dekat dengan kehidupan nyata. Dari aktivitas tersebut murid diberikan tantangan atau permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan solusinya secara berkelompok (Goodman dan Stivers, 2010).
Model pembelajaran PBL merupakan implementasi dari Surat Edaran Mendikbud No.4 tahun 2020. Dengan menerapkan PBL, guru diharapkan dapat memberikan pelatihan kepada murid untuk lebih bisa berkolaborasi, gotong royong, dan empati dengan sesama.
Nah, tahukah Kawan Kreator alasan mengapa guru harus menerapkan PBL dalam proses pembelajaran?
Yuk, simak ulasannya!
Nah, sekarang Kawan Kreator sudah mengetahui alasan mengapa project-based learning harus diterapkan. Kawan Kreator boleh mencoba cara ini untuk diterapkan ke dalam proses pembelajaran Kawan Kreator.
Selain itu, Guru Kreator juga memiliki sebuah support system yang dapat membantu Kawan Kreator untuk mensukseskan project-based learning, yaitu: Guru Kreator Enterprise
Guru Kreator Enterprise hadir sebagai platform yang dapat membantu guru untuk menyusun project-based learning dan juga memberikan asesmen autentik dalam satu sistem yang jauh lebih efisien dan efektif. Coba GURU KREATOR ENTERPRISE sekarang, dan tim kami akan mencarikan solusi unik bagi kebutuhan sekolah kamu!
Goodman, B., & Stivers, J. (2010). Project-based learning. Educational psychology, 2010, 1-8.
Iis Solekhah, S., Elvira Hoesein Radia. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Ii Sd. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(2), 1–7.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar,
kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran
biologi. Jurnal pendidikan biologi, 7(1), 9-21.
Kodriyah, L. (2017). Project-based learning in the classroom for EFL learners; why and how. In National
Seminar Proceeding (pp. 336-342).
Sumber ilustrasi gambar:
https://www.freepik.com/premium-photo/three-teenagers-school-uniforms-study-together-chat-using-laptop-book-while-sitting-o_15892960.htm#page=8&query=three%20asian%20teenager&position=0&from_view=keyword
(Author: https://www.freepik.com/author/odua)
Penulis: Fauziyah Ilmi Maulida
Editor: Eunice Salim
Your email address will not be published. Required fields are marked*
Tim kami siap berdiskusi dan mencarikan solusi unik bagi kebutuhan Anda.
Tim kami akan menghubungi Anda melalui surel (email) dalam waktu dekat.