Inspirasi

Teaching at the Right Level (TaRL): Cara Mengajar Fleksibel dalam Kurikulum Merdeka

Kawan Kreator pasti sudah tidak asing lagi dengan pembahasan kurikulum merdeka. Kurikulum ini berfokus pada pembelajaran yang beragam dengan pemilihan materi esensial dalam mendukung pengalaman belajar. Salah satu hal menarik dari pembahasan kurikulum merdeka adalah karakteristik fleksibilitas; guru diberikan kebebasan untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan/kapasitas peserta didik. Namun, realitanya dalam proses pembelajaran, Kawan Kreator pasti sering menemukan perbedaan kemampuan/kapasitas peserta didik. Hal tersebut dapat memicu terjadinya kesenjangan pemahaman antar peserta didik di dalam kelas.  Untuk mengoptimalkan fleksibilitas mengajar dalam kurikulum merdeka, salah satu solusinya adalah dengan menerapkan Teaching at the Right Level (TaRL).

Teaching at the Right Level (TaRL) merupakan pendekatan belajar yang lebih berfokus pada tingkat kemampuan peserta didik dibandingkan tingkatan kelasnya. Dengan demikian, pendekatan ini dapat membantu guru merancang pembelajaran sesuai tahap pencapaian setiap peserta didik, terutama dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan literasi.

Bagaimana cara menerapkan Teaching at the Right Level (TaRL) di kelas?

Kawan Kreator dapat melakukan penerapan teaching at the Right Level (TaRL) di dalam kelas berdasarkan beberapa tahapan berikut:

  1. Asesmen
    Pada awal proses pembelajaran, guru melakukan asesmen untuk mengenali potensi, karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Dari hasil asesmen tersebut, peserta didik kemudian akan dikelompokan berdasarkan level tingkat capaian dan kemampuan yang serupa.
  2. Perencanaan
    Pada tahap ini, guru diberi keleluasaan untuk merancang berbagai aktivitas pembelajaran dengan menggunakan berbagai perangkat ajar, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan level tingkat capaian dan kemampuan peserta didik tidak hanya melihat usia dan tingkatan kelasnya.
  3. Pembelajaran
    Dalam proses pembelajaran, guru perlu memperhatikan kemajuan level tingkat capaian dan kemampuan dasar peserta didik dengan melakukan asesmen secara berkala yang dapat dilakukan dengan berbagai aktivitas.

Nah, sekarang Kawan Kreator sudah mengetahui salah satu solusi untuk mengoptimalkan fleksibilitas mengajar dalam kurikulum merdeka. Salah satunya dengan menerapkan Teaching at the Right Level (TaRL) di dalam kelas dengan persiapan yang baik. 

Agar persiapan mengajar dapat lebih maksimal, Kawan Kreator dapat menggunakan aplikasi Guru Kreator untuk membantu merancang dan menyusun pembelajaran di dalam kelas. Coba demo guru kreator di website www.gurukreator.id/hubungi-kami atau unduh aplikasi Guru Kreator Basic di Playstore.

Sumber:

Mustadi, A., dkk. (2022). Bahasa dan Sastra Indonesia SD Berorientasi Kurikulum Merdeka. Yogyakarta : UNY Press (p.135)

Cahyono, C, S. (2022). Melalui Model Teaching At The Right Level (TaRL) Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan KD. 3.2/4.2 Topik Perencanaan Usaha Makanan Awetan Dari Bahan Pangan Nabati Di Kelas X MIA 3 MAN 2 Payakumbuh Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. 6(2). Jurnal pendidikan Tambusai. (pp. 3-4)

Fallen, A. (2022). Mengenal konsep TaRL pada kurikulum prototipe. Diakses pada 3 Januari 2023, dari https://naikpangkat.com/mengenal-teaching-at-the-right-level-kurikulum-prototipe/

Penulis:

Mona Koroh

Recent Posts